Temu Perdana Mahasiswa Baru Semester Ganjil T.A 2021/2022

Pada hari Kamis, 19 Agustus 2021 telah diselenggarakan temu perdana mahasiswa baru semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang berlangsung dari pukul 09.00-12.00 melalui platform Zoom. Temu perdana ini melibatkan tiga prodi dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada yaitu prodi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S2 Kebijakan dan Manajemen Kesehatan, dan S2 Ilmu Kedokteran Tropis.

Acara temu perdana mahasiswa baru dipandu oleh MC yang juga merupakan mahasiswa dari Program Magister FK-KMK UGM, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan “Hymne Gadjah Mada”.

Selanjutnya  Dr. dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA selaku Ketua Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat menyambut seluruh mahasiswa baru 2021/2022 dan berpesan kepada mahasiswa agar selalu ingat untuk membawa misi kesehatan dari wilayah masing-masing, terutama bagi wilayah yang standar kesehatannya masih rendah selama mahasiswa menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran slide show profil masing-masing departemen, video virtual kampus tour, pemaparan finalis video perkenalan mahasiswa baru, dan sambutan oleh Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., SpOG(K)., Ph.D selaku Dekan FK-KMK UGM. Beliau menekankan kepada para mahasiswa baru untuk menjadi agent of change untuk mempersiapkan diri dan tanggap dalam menghadapi perubahan yang akan datang.

Selanjutnya, acara inti mengenai pemaparan strategi pembelajaran dimoderatori oleh Dr. dr. Andreasta Meliala, M.Kes. dengan narasumber yaitu Dr. dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA selaku Ketua Prodi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, dr. M. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D. selaku Ketua Prodi S2 Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, dr. Riris Andono Ahmad, MPH, Ph.D selaku Ketua Prodi S2 Ilmu Kedokteran Tropis, Prof. Dra. Yayi Suryo Prabandari, MSi., PhD. selaku Ketua Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran Sosial, dan dr. Ifta Choiriyyah selaku Ketua Departemen Biostatistik, Epidemiologi, dan dan Kesehatan Populasi.

Kolaborasi interdisiplin ditekankan sebagai strategi pembelajaran yang penting bagi mahasiswa untuk memperkuat dan mengembangkan bidang keilmuan yang diminati. Diskusi dan tanya jawab disambut oleh antusiasme mahasiswa baru dengan mengajukan beragam pertanyaan baik terkait akademik, ekosistem pembelajaran maupun fasilitas kampus.

Untuk lebih jauh memperkenalkan mahasiswa baru dengan lingkungan Program Magister di FK-KMK UGM, acara dilanjutkan dengan perkenalan dosen di masing-masing departemen, dimana Departemen Biostatistik, Epidemiologi, dan Kesehatan Populasi diperkenalkan oleh Anis Fuad, S.Ked., DEA, Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan diperkenalkan oleh Dr. dr. Andreasta Meliala, M.Kes, Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran Sosial diperkenalkan oleh Prof. Dra. Yayi Suryo Prabandari, MSi., PhD, dan Departemen Ilmu Kedokteran Tropis diperkenalkan oleh dr. Riris Andono Ahmad, MPH., PhD.

Acara ini semakin meriah dengan sesi kuis online yang menambah semangat mahasiswa baru. Para mahasiswa asik beradu untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar lingkungan kampus dan terpilih tiga pemenang. Di penghujung acara juga diumumkan tiga video perkenalan mahasiswa baru terbaik dari hasil voting seluruh peserta dan ditutup dengan sesi foto bersama untuk mengabadikan momen.