Sukses Digelar, Kuliah Tamu UGM Bahas Peran Penting Vaksinasi dalam Membangun Ketahanan Kesehatan Masyarakat

Yogyakarta, 29 April 2024 – Pusat Promosi dan Perilaku Kesehatan UGM [Center of Health Behaviour and Promotion UGM] dan Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran Sosial bekerja sama dengan Tulodo, dan University of Sydney, sukses menyelenggarakan kuliah tamu bertema “Membangun Ketahanan: Vaksin sebagai Pilar Kesehatan Masyarakat” [Building Resilience: Vaccines as Pillars of Public Health].

Kuliah tamu ini menghadirkan para pembicara terkemuka yang membahas topik penting mengenai peran vaksinasi dalam memperkuat ketahanan kesehatan masyarakat, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) poin ke-3 yaitu Kehidupan Sehat dan Kesejahteraan [Ensure healthy lives and promote well-being for all at all ages].

Para pembicara yang hadir dan berbagi pengetahuannya yaitu:

  • Prof. Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D., dengan topik “Peran Promosi Kesehatan untuk Mendorong Vaksinasi” (sambutan pembukaan)
  • Dr. Dra. Retna Siwi Padmawati, M.A., membahas “Pelajaran yang Dipetik dari Proyek Studi PEER tentang Vaksinasi COVID-19”
  • Professor Julie Leask, membahas tentang “Aspek Sosial dan Perilaku Vaksinasi dan Pencegahan Penyakit Menular”
  • Nicholas J Goodwin, Ph.D, membahas “Cara Menggunakan Pendekatan Perilaku untuk Meningkatkan Akses ke Vaksinasi dan Layanan Kesehatan”

Acara ini diselenggarakan secara luring di Gedung Tahir lantai 8, FK-KMK UGM, dan juga disiarkan secara virtual melalui Zoom untuk mengakomodasi peserta yang berhalangan hadir secara langsung. Ini merupakan bentuk inklusivitas dan upaya untuk menjaring partisipasi yang lebih luas. Kuliah tamu ini menekankan pentingnya vaksinasi dalam menjaga kesehatan masyarakat, sehingga kita memiliki komunitas yang lebih kuat dan lebih siap menghadapi tantangan kesehatan di masa depan. Acara ini menjadi pengingat untuk bersama-sama membangun masa depan yang lebih sehat dan lebih kuat.

Penulis               : Zilfani Fuadiyah Haq, Yusuf Mukasyafah Rizqi Rahman
Editor                 : Ari Prayogo Pribadi

Highlight Kegiatan

Link Highlight: https://www.instagram.com/reel/C6X8tq2Og8L/?utm_source=ig_web_copy_link&igsh=MzRlODBiNWFlZA==

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.