Dosen Departemen HBES Ari Prayogo Pribadi Ph.D. Hadiri ACSEL 2024 di Jepang
Fukuoka, Jepang – Dosen Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran Sosial (HBES), Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat (MKM) Universitas Gadjah Mada (UGM), Ari Prayogi Pribadi, Ph.D., berpartisipasi dalam The 11th Asian Conference on Safety and Education in Laboratory (ACSEL 2024) yang diadakan pada 28-29 November 2024 di Centennial Hall, Kyushu University School of Medicine, Fukuoka, Jepang.
Dalam konferensi ini, Ari mempresentasikan hasil penelitian berjudul “Analysis of the Effectiveness and User Experience of Employing Virtual Reality to Enhance the Efficacy of Occupational Safety and Health Learning for Electrical Workers and Graduate Students“. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas teknologi virtual reality (VR) dalam meningkatkan pemahaman keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di kalangan pekerja dan mahasiswa.
Penelitian ini terdiri dari dua eksperimen. Eksperimen pertama menggunakan metode kuantitatif dan eksperimen semu yang melibatkan profesional teknis sektor listrik, sementara eksperimen kedua menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus skenario yang melibatkan mahasiswa pascasarjana. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman K3 di kalangan pekerja listrik yang mengikuti pelatihan berbasis VR dibandingkan dengan metode tradisional. Selain itu, mahasiswa pascasarjana juga memberikan umpan balik positif terkait pengalaman pengguna dan kegunaan VR dalam pembelajaran K3.
Konferensi ACSEL 2024, yang diselenggarakan dengan tema “Autonomous Risk Management and Comprehensive and Effective Environmental Safety Education at Universities,” merupakan konferensi tahunan yang diorganisir oleh universitas-universitas terkemuka di Asia. Konferensi ini bertujuan untuk menyediakan platform bagi para ilmuwan, insinyur, peneliti, dan profesional untuk mendiskusikan manajemen dan pendidikan keselamatan lingkungan.
Penelitian Ari juga berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG 3: Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan, dengan meningkatkan pemahaman tentang keselamatan kerja, serta SDG 4: Pendidikan Berkualitas, dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Teknologi VR ini mendukung pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan lebih sehat.
Penulis : Zilfani Fuadiyah Haq
Editor : Ari Prayogo Pribadi
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!