Guru Besar UGM menghadiri konferensi THE Scientific Forum for Presentation and Respectful Discussion of Cutting-Edge Nicotine and Tobacco Research di Edinburgh, Skotlandia

Yogyakarta, 27 Maret 2024 – Prof. Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D., Guru Besar Departemen Perilaku, Kesehatan Lingkungan dan Kedokteran Sosial, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) baru saja menghadiri konferensi THE Scientific Forum for Presentation and Respectful Discussion of Cutting-Edge Nicotine and Tobacco Research di Edinburgh, Skotlandia.

Keikutsertaan Prof. Yayi dalam konferensi ini merupakan kontribusi penting dalam upaya global untuk memerangi konsumsi nikotin dan tembakau, yang merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit tidak menular (PTM) yang menjadi fokus Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) ke-3.

Konferensi ini menghadirkan para pakar terkemuka dari seluruh dunia untuk membahas penelitian terbaru tentang nikotin dan tembakau, termasuk dampak kesehatan, strategi pencegahan, dan intervensi pengendalian. Selain menghadiri konferensi, Prof. Yayi juga memanfaatkan kesempatan ini untuk bertemu dengan Professor Faisel Khan, Associate Dean (International) Professor of Cardiovascular Sciences Division Of System Medicine di University of Dundee. Pertemuan ini bertujuan untuk menindaklanjuti kerjasama antara FK-KMK UGM dan University of Dundee dalam bidang penelitian dan pendidikan terkait kesehatan masyarakat.

Kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan penelitian yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya dalam menanggulangi PTM yang terkait dengan konsumsi nikotin dan tembakau. Upaya ini sejalan dengan komitmen UGM untuk berkontribusi dalam pencapaian SDGs, khususnya SDGs ke-3.

Kontribusi SDGs:
SDGs ke-3: Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan – Penelitian dan kerjasama Prof. Yayi diharapkan dapat menghasilkan temuan dan intervensi yang efektif untuk mengurangi konsumsi nikotin dan tembakau, yang berkontribusi pada peningkatan kesehatan masyarakat dan pencapaian SDGs ke-3. SDGs ke-17: Kemitraan untuk Tujuan yang Berkelanjutan – Kerjasama antara FK-KMK UGM dan University of Dundee merupakan contoh nyata dari kemitraan global untuk mencapai tujuan bersama, yaitu meningkatkan kesehatan masyarakat melalui penelitian dan pendidikan.

Penulis               : Zilfani Fuadiyah Haq, Yusuf Mukasyafah Rizqi Rahman
Editor                 : Ari Prayogo Pribadi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.