Mahasiswa Baru Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran sosial Mengikuti Kuliah Perdana Bertema Pembangunan Kesehatan Berkelanjutan di Era Globalisasi

Yogyakarta, 20 Agustus 2024 – Mahasiswa baru dari Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran sosial bersama dengan mahasiswa baru program Magister Kesehatan Masyarakat (MKM), Magister Kebijakan dan Manajemen Kesehatan, serta Magister Ilmu Kedokteran Tropis (IKT) mengikuti kuliah perdana yang diselenggarakan di Auditorium FK-KMK UGM.

Kuliah perdana kali ini mengusung tema “Pembangunan Kesehatan Berkelanjutan: Tantangan dan Peran Praktisi Kesehatan di Era Globalisasi.” Tujuan dari kuliah ini adalah untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai pentingnya pembangunan kesehatan berkelanjutan di tengah arus globalisasi yang semakin kuat. Para mahasiswa diharapkan dapat memahami dampak globalisasi terhadap kesehatan masyarakat, mengidentifikasi tantangan-tantangan yang ada, serta mengeksplorasi solusi-solusi yang dapat diterapkan untuk mencapai kesehatan yang berkelanjutan.

Acara ini menghadirkan sejumlah pemateri ternama, salah satunya adalah keynote speaker dr. Maria Endang Sumiwi, MPH, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat di Kementerian Kesehatan RI. Dalam pidatonya, dr. Maria membahas dua topik utama yaitu, “Dampak Globalisasi terhadap Kesehatan Masyarakat” dan “Tantangan serta Strategi Pembangunan Kesehatan Berkelanjutan.”

Selain itu, beberapa pemateri lain juga memberikan materi yang relevan dengan tema kuliah perdana ini. Dr. Riris Andono Ahmad, MD, MPH, Ph.D., Ketua Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Tropis, membawakan materi tentang “Globalization and Disease Control.” Dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D., Ketua Program Studi Magister Kebijakan & Manajemen Kesehatan, memberikan materi tentang “Sustainable Health, Digital Inclusion, and Innovation: A Pathway to Equitable and Effective Global Health.” Sementara itu, Aditya Lia Ramadona, Ph.D., dosen di Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, membahas tentang “Globalisasi dan Kesehatan Masyarakat: Tantangan dan Peluang,” dengan fokus pada strategi mitigasi dampak globalisasi untuk kesehatan masyarakat. Materi terakhir disampaikan oleh Dr. dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA., Ketua Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, yang membahas “Globalisasi untuk Public Health dan Care Organizations.”

Kuliah perdana ini tidak hanya menjadi ajang pengenalan akademik bagi para mahasiswa baru, tetapi juga sebagai landasan penting bagi mereka dalam memahami peran dan tanggung jawab mereka sebagai calon praktisi kesehatan di era globalisasi. Melalui pemahaman yang lebih mendalam tentang isu-isu global, diharapkan mahasiswa dapat berkontribusi dalam upaya pembangunan kesehatan yang berkelanjutan di masa depan.

Acara ini juga selaras dengan beberapa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG 3 tentang kesehatan yang baik dan kesejahteraan, SDG 4 tentang pendidikan berkualitas, SDG 10 tentang pengurangan kesenjangan, dan SDG 17 tentang kemitraan untuk mencapai tujuan. Melalui diskusi yang mendalam tentang dampak globalisasi terhadap kesehatan masyarakat dan strategi untuk menghadapi tantangan global, acara ini memperkuat komitmen untuk meningkatkan kesehatan global dan membekali mahasiswa dengan pengetahuan serta keterampilan yang dibutuhkan untuk berkontribusi dalam pencapaian SDGs.

Highlight Instagram : https://www.instagram.com/reel/C_FqRZvyrec/?utm_source=ig_web_copy_link&igsh=MzRlODBiNWFlZA==

 

Penulis : Zilfani Fuadiyah Haq

Editor : Ari Prayogo Pribadi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.