PROGRAM HEALTH PROMOTING UNIVERSITY (HPU) DI FAKULTAS KEDOKTERAN KESEHATAN MASYARAKAT DAN KEPERAWATAN (FKKMK) UGM ‘SALAM SEHAT’ SEBAGAI INISIASI HPU DI FKKMK UGM’
Sebagian besar dewasa muda seperti mahasiswa, staff, dan dosen cenderung banyak menghabiskan waktunya di universitas sehingga terdapat banyak ancaman kesehatan bagi kelompok dewasa muda di universitas antara lain yaitu asma, obesitas, diabetes, kekerasan, kecelakaan, kehamilan yang tidak diinginkan, dan penyakit menular. Mehri, et al. (2016) menyebutkan bahwa promosi hidup sehat di kalangan mahasiswa tergolong rendah dimana mereka cenderung tidak memperhatikan asupan makanan dan jarang melakukan aktivitas fisik, sehingga diperlukan upaya promosi kesehatan di kalangan mahasiswa yang bertujuan untuk membantu mereka menerapkan gaya hidup sehat.
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada telah menerapkan salah satu strategi promosi kesehatan di universitas yaitu dengan mendeklarasikan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) pada tahun 2004 dan menjadi rujukan dalam penerapan kebijakan kampus bebas rokok di UGM. Salah satu strategi promosi kesehatan yang dapat digunakan yaitu melalui kampanye media, dimana kampanye merupakan tindakan yang didasari oleh prinsip persuasi, yaitu mengajak dan mendorong khalayak untuk menerima atau melakukan sesuatu yang dianjurkan. Kampanye media dilakukan dengan menggunakan poster online melalui internet, dan penempelan poster cetak di lingkungan kampus dimana poster merupakan salah satu strategi pemasaran sosial yang dapat mendistribusikan pesan dan popular di kampus.
Tujuan dari program ini adalah mengkampanyekan media “SALAM Sehat” sebagai inisiasi Health Promoting University (HPU) dalam upaya peningkatan kesadaran civitas akademika FKKMK UGM terhadap konsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik, dan menjaga kesehatan mental. Diharapkan dengan implementasi program ini, FK-KMK UGM dapat menginisiasi HPU melalui kampanye media yang melibatkan civitas akademika khususnya mahasiswa secara aktif dan dapat memperoleh informasi kesehatan melalui media “SALAM Sehat” terkait konsumsi buah dan sayur, aktivitas fisik, dan menjaga kesehatan mental.
Rangkaian kegiatan untuk program ini dimulai dengan koordinasi dengan organisasi mahasiswa (ormawa). Kegiatan ini dilakukan sejak awal perencanaan, pengimplementasian, sampai evaluasi program dan melewati berbagai proses yang panjang yang dilakukan dengan pertemuan secara langsung serta melalui grup whatsapp yang dibentuk dan diberi nama “Tim HPU FKKMK”.
Kegiatan selanjutnya merupakan pembuatan SOP, dimana SOP tersebut menjadi panduan bagi setiap ormawa dalam membuat konten serta menjadi reminder untuk mengerjakan poster sebelum deadline-nya masing-masing. Untuk prosedur pembuatan poster, ormawa membuat poster sesuai dengan SOP dan dipublish sesuai dengan timeline yang telah ditentukan sebelumnya dimulai dari tanggal 13 Juli 2018 sampai 3 November 2018. Adapun media sosial yang digunakan yaitu whatsapp, instagram, dan line. Sedangkan pembuatan media cetak melibatkan civitas akademika FK-KMK UGM, dengan rincian media sebagai berikut, Traffic Light Food Labeling (TLFL), poster konsumsi buah dan sayur, banner motivasi berjalan kaki, poster motivasi melakukan aktivitas fisik, dan stiker motivasi menggunakan tangga.
Selain disebarkan secara online seluruh media yang disebutkan diatas telah dicetak dan siap dipasang di lingkungan FKKMK sesuai dengan tempatnya masing-masing. Perizinan terkait pemasangan media cetak di lingkungan FKKMK telah didapatkan dari pihak yang berwenang, yaitu Kantor Pusat Tata Usaha (KPTU) FKKMK. Adapun pemasangan media akan dilakukan pada akhir September 2018 bersama seluruh perwakilan ormawa didampingi pihak KPTU bagian Sarana Prasarana (sapras) FKKMK UGM.
Dari pelaksanaan program ini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden memiliki kesadaran terhadap Kampanye Media SALAM Sehat sebagai inisiasi Health Promoting University di FKKMK UGM dan hampir seluruh responden menyatakan pesan mudah dipahami, sehingga konten media SALAM Sehat sudah memenuhi ketentuan elemen pesan, dimana program ini telah mencapai tujuan yang sudah ditentukan di awal pembentukan program.