Mahasiswa Minat Perilaku dan Promosi Kesehatan Mengembangkan Program Gerakan Bersama Aktivitas Fisik di Fakultas Kedokteran Hewan UGM

 

Program GEMASIK melalui Pengaktifan dan Pengelolaan Vet Sport Center

Vet Sport Center (VSC) FKH UGM merupakan salah satu program yang terdampak pandemi pada tahun 2020. Untuk menjalankan kembali kegiatan pada VSC, maka dibutuhkan rangkaian kegiatan untuk membahas pengaktifan kembali VSC. Program pengaktifan pengelolaan VSC dilakukan untuk meningkatkan aktivitas fisik di lingkungan FKH dan menjaga keberlangsungan program dengan pengelolaan yang dilakukan oleh sivitas akademik FKH. Pengaktifan VSC dimulai dengan pengecekan alat – alat fitness agar dapat digunakan kembali untuk menunjang aktivitas kegiatan fisik. Mahasiswa membuat anggota pengurus untuk membahas mengenai kelanjutan program yang akan dijalankan. Dari hasil rapat tersebut, dirumuskan mengenai tagline baru untuk VSC, penetapan anggota pengurus, dan rencana pembukaan kembali yang rencananya akan bertepatan dengan dies natalis FKH. Promosi akan dilakukan dengan ambassador HPU dan pengumuman melalui sosial media HPU FKH. Rencana selanjutnya ialah membahas mengenai pengadaan sarana dan prasarana baru sebagai bagian dari persiapan dan pengembangan VSC.

Kemudian mahasiswa mengagendakan rapat untuk membentuk pengurus dan pengelolaan VSC untuk kelanjutan program. Hasil dari rapat ini meliputi tagline baru untuk VSC, penetapan kepengurusan untuk pengelolaan vet sport center, rencana awal untuk pembukaan kembali VSC yang direncanakan akan dilakukan bertepatan dengan kegiatan dies natalis FKH, untuk aspek promosi akan berkolaborasi dengan ambassador HPU, dan menyebarkan pengumuman melalui sosial media HPU FKH, dan yang terakhir rencana pengadaan sarana dan prasarana baru sebagai persiapan dan pengembangan VSC.

 

Program GEMASIK POSBINDU AORTA

Posbindu PTM Aorta merupakan salah satu program utama HPU FKH yang telah berjalan rutin setiap sebulan sekali. Program GEMASIK dibangun untuk meningkatkan literasi terkait aktivitas fisik secara baik, benar, terukur, dan teratur (BBTT). Strategi yang digunakan dalam kegiatan ini adalah edukasi kesehatan melalui pelatihan kader Posbindu dan komunikasi kesehatan melalui media, Awalnya kader akan diberikan pelatihan terkait aktivitas fisik, cara melakukan edukasi aktivitas fisik di meja 5, dan strategi komunikasi menggunakan media flipchart. Untuk mempersiapkan program mahasiswa melakukan diskusi dengan PIC HPU FKH, drh. Makruf Arif, M.Sc terkait topik dan materi kegiatan yang akan disampaikan. Sebagai sarana penunjang dalam melakukan edukasi di meja 5 oleh kader Posbindu, media yang digunakan yaitu flipchart aktivitas fisik. Flipchart disusun dengan judul “Posbindu Aorta: Aktivitas Fisik untuk Mencegah Penyakit Tidak Menular”.

 

Program GEMASIK melalui Media Edukasi Aktivitas Fisik

Program media edukasi secara cetak maupun digital bertujuan untuk meningkatkan literasi kesehatan terkait aktivitas fisik yang baik, benar, terukur, dan teratur. Media yang digunakan adalah video, poster, booklet, dan leaflet yang akan dipublikasikan secara digital melalui media sosial dan cetak yang diletakkan di Vet Sport Center. Mahasiswa mengembangan iklan video edukasi mengenai pentingnya menjalani kegiatan fisik dan video dokumenter, dan juga beberapa poster, leaflet, dan booklet yang disebarkan melalui berbagai sosial media.

 

Yuuk simak kegiatan selengkapnya melalui link berikut:

Dokumenter Program GEMASIK:

Iklan Program GEMASIK: