Modal Sosial yang Kuat Kunci Pengelolaan Sampah Rumah Tangga yang Efektif

Sebuah studi di Kampung Blunyahrejo, Kota Yogyakarta, menyoroti peran penting modal sosial yang kuat dalam pengelolaan sampah rumah tangga yang efektif. Selama ini modal sosial dianggap sebagai “sumber daya non-material” yang muncul akibat adanya interaksi sosial yang dapat dimanfaatkan individu maupun kelompok untuk mendapatkan sumberdaya lain atau mencapai suatu tujuan bersama (Cao et al, 2022).

Studi yang dilakukan oleh salah satu mahasiswi minat kesehatan lingkungan ini menemukan bahwa individu yang memiliki jejaring sosial dan kepercayaan sosial yang lebih tinggi cenderung menerapkan praktik pengelolaan sampah yang lebih baik. Jejaring sosial di masyarakat, seperti kegiatan bersama tetangga dan pertemuan, memfasilitasi pertukaran informasi mengenai praktik pengelolaan sampah, sedangkan efek kelompok sebaya yang teramati selama pertemuan ini mendorong perilaku yang ramah lingkungan.

Tingkat kepercayaan sosial yang tinggi juga memungkinkan kerjasama dan persatuan di antara warga.  Contoh  nyata dari adanya modal sosial yang kuat di Lokasi penelitian adalah pengelolaan sampah oleh kelompok petani, yang menunjukkan bagaimana jaringan sosial mampu mempercepat kolaborasi masyarakat, dengan pemimpin memainkan peran penting dalam memotivasi dan mempertahankan jaringan ini.

Temuan studi ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) terkait kota yang berkelanjutan (SDG 11), aksi perubahan iklim (SDG 13), dan kemitraan (SDG 17). Rekomendasi termasuk memberdayakan masyarakat melalui pendekatan partisipatif, memperkuat kepemimpinan dan pembangunan kapasitas, mempromosikan pendidikan lingkungan, memfasilitasi kolaborasi antara masyarakat, pemerintah daerah, dan LSM, serta berinvestasi dalam infrastruktur dan teknologi untuk pengelolaan sampah yang berkelanjutan. Melaksanakan strategi ini dapat membantu masyarakat mengatasi tantangan pengelolaan sampah secara efektif dan berkontribusi pada masa depan yang berkelanjutan.

Penulis               : Zilfani Fuadiyah Haq, Yusuf Mukasyafah Rizqi Rahman
Editor                 : Ari Prayogo Pribadi

Sumber :

  • Cao, J., Qiu, H., Morrison, A.M., dan Wei, W. 2022. The Role of Social Capital in Predicting Tourists’ Waste Sorting Intentions in Rural Destinations: Extending the Theory of Planned Behavior. Int. J. Environ. Res. Public Health, 19,12789. https://doi.org/10.3390/ijerph191912789
  • Ilustrasi Gambar menggunakan Bing-AI yang diakses pada tanggal 03 Juni 2024
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.