Tim VR Departemen HBES FK-KMK UGM Raih Juara 3 Lomba Inovasi Dies Natalis Ke-78!

Yogyakarta, 4 Juni 2024 – Tim Virtual Reality (VR) dari Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran Sosial (HBES) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih Juara 3 dalam Lomba Inovasi Dies Natalis FK-KMK UGM Ke-78.

Presentasi dilakukan oleh Yusuf Mukasyafah Rizqi Rahman,SKM.,MPH bersama Dwina A. Br Silalahi SKM.,MPH dan Yunisa Hafisa, SKM dilakukan dalam rangkaian kegiatan Annual Scientific Meeting pada Sabtu, 2 Maret 2024, bertempat di Gedung Auditorium FK-KMK UGM. Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi tim dalam mengembangkan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pelatihan dan pembelajaran K3 di Indonesia.

Tim yang dipimpin oleh Ari Prayogo Pribadi.,PhD dan Vena Jaladara, SKM., MPH., ini mengangkat tema “Transformasi Pelatihan dan Pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja Melalui Teknologi Virtual Reality.” Inovasi mereka memanfaatkan teknologi VR untuk menciptakan pengalaman pelatihan dan pembelajaran K3 yang lebih imersif dan interaktif. Inovasi Tim VR FK-KMK UGM sejalan dengan beberapa tujuan SDGs, yaitu:

Tujuan 3: Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan
Teknologi VR dapat membantu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya K3, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Tujuan 4: Pendidikan Berkualitas
Teknologi VR dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih imersif dan interaktif, yang dapat meningkatkan kualitas pelatihan dan pembelajaran

Tujuan 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur
Pengembangan teknologi VR untuk pelatihan dan pembelajaran K3 merupakan contoh inovasi yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi industri.

Tujuan 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan
Prestasi Tim VR FK-KMK UGM menunjukkan pentingnya kolaborasi antara akademisi, industri, dan pemerintah untuk mengembangkan solusi inovatif yang dapat membantu mencapai SDGs. Tim VR FK-KMK UGM berharap inovasi mereka dapat diimplementasikan secara luas di berbagai sektor tidak hanya di industri melainkan untuk kepentingan public health secara lebih luas.

Penulis               : Zilfani Fuadiyah Haq, Yusuf Mukasyafah Rizqi Rahman
Editor                 : Ari Prayogo Pribadi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.