UGM Public Health Symposium 12 Sukses Gelar Symposium dengan tema “One Health Approach: Addressing Challenges in Antimicrobial Resistance”

Yogyakarta, 14 Juni 2024 – Prodi Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui Departemen Health Behavior, Environment, and Social Medicine dan Departemen Biostatistics, Epidemiology and Population Health menyelenggarakan UGM Public Health Symposium 12 dengan tema “One Health Approach: Addressing Challenges in Antimicrobial Resistance” pada tanggal 12-13 Juni 2024. Acara ini menjadi wadah bagi para mahasiswa, akademisi, peneliti, dan praktisi kesehatan untuk bertukar ide dan solusi dalam sebuah isu kesehatan global.

Simposium ini menarik perhatian besar dengan menerima 114 abstrak penelitian dari berbagai mahasiswa dengan fokus pada bidang kesehatan masyarakat dan kedokteran komunitas. Kegiatan pada hari pertama, para peserta mempresentasikan hasil penelitian mereka secara offline di FK-KMK UGM dan online melalui Zoom. Hari kedua diisi dengan sesi presentasi oleh para ahli yang merangkum poin-poin penting dari presentasi oral di hari pertama. Pada hari kedua tidak kalah menarik, Para Narasumber ahli yang hadir antara lain Prof. Hiroshi Sato (Yamaguchi University, Jepang), Dr. Ahmed Abd. El Wahid (Leipzig University, Jerman), Prof. Roger Frutos (Montpellier University, Prancis), dan Prof. dr. Tri Wibawa, Ph.D., Sp.MK(K) (Universitas Gadjah Mada, Indonesia) turut memaparkan mengenai tema One Health Approach: Addressing Challenges in Antimicrobial Resistance. UGM Public Health Symposium 12 sejalan dengan komitmen Universitas Gadjah Mada untuk berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Simposium ini mendukung SDG 3 (Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan). Selain itu, simposium ini juga berkontribusi pada SDG 17 (Kemitraan untuk Tujuan) dengan mendorong kolaborasi dan pertukaran pengetahuan antar pemangku kepentingan dalam mengatasi isu kesehatan global.

Penulis               : Zilfani Fuadiyah Haq, Yusuf Mukasyafah Rizqi Rahman
Editor                 : Ari Prayogo Pribadi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.