Dosen departemen HBES menjadi narasumber pada Pertemuan Koordinasi K3 Dinas Kesehatan Kab. Gunung Kidul

 

Gunungkidul, 17 Juli 2024 – Dalam rangka mendukung tercapainya masyarakat usia produktif yang sehat, bugar, dan produktif, Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul mengadakan pertemuan koordinasi tentang kesehatan kerja. Acara ini diselenggarakan pada hari Rabu, 17 Juli 2024, di Ruang Pertemuan Hotel Cyka Raya, Jl. KRT Judodiningrat, Baleharjo, Wonosari.

Pertemuan ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk perwakilan dari pemerintah daerah, sektor swasta, dan akademisi. Narasumber utama dalam acara ini adalah Ari Prayogo Pribadi, ST, MT, PhD, dosen dari Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran Sosial. Beliau menyampaikan materi tentang Upaya Pengendalian Penyakit Akibat Kerja dan Kebijakan Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Tujuan utama pertemuan ini adalah untuk meningkatkan komitmen dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan sektor swasta terkait keselamatan dan kesehatan kerja. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membudayakan perilaku hidup sehat di kalangan pekerja melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) serta mendorong adanya regulasi yang memastikan keselamatan dan kesehatan kerja.

 

Meningkatkan Kesehatan Kerja untuk Mencapai SDGs

Upaya peningkatan kesehatan kerja di Kabupaten Gunungkidul sejalan dengan komitmen global untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Kesehatan kerja merupakan elemen penting dalam mencapai SDG 3, yaitu “Pastikan hidup sehat dan promosikan kesejahteraan untuk semua di segala usia”.

Lingkungan kerja yang sehat dan aman dapat meningkatkan produktivitas pekerja, mengurangi risiko penyakit akibat kerja, dan pada akhirnya berkontribusi pada pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

 

Hasil yang Diharapkan

Diharapkan dari kegiatan ini, terjalin komitmen yang kuat dari berbagai pihak untuk:

  • Mengembangkan kawasan sehat melalui lingkungan kerja yang sehat.
  • Menyediakan fasilitas yang mendorong aktivitas fisik di tempat kerja.
  • Memastikan keselamatan dan kesehatan di tempat kerja.
  • Menerapkan kebijakan dan regulasi yang mendukung kesehatan kerja.

Dengan tercapainya komitmen ini, diharapkan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan pekerja di Kabupaten Gunungkidul, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada pencapaian SDGs secara keseluruhan.

 

Penulis : Zilfani Fuadiyah HaqYusuf Mukasyafah Rizqi Rahman

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.