Pengabdian Masyarakat Bincang Santai Pemuda: Pahlawan Indonesia Merdeka dari Hoaks

Berita yang tidak bisa dipercaya kebenarannya sudah banyak beredar di kalangan masyarakat. erkadang seseorang menyebarkan berita tersebut lebih jauh tanpa mengkonfirmasi apakah informasi yang terpaparkan valid atau tidak. Untuk menangkal permasalahan ini, Tim Pengabdian Masyarakat bekerja sama dengan HDSS Sleman dan Pemuda Karang Taruna Padukuhan Sedogan, Tempel, Sleman untuk mengadakan bincang santai dengan topik “Pemuda: Pahlawan Indonesia Merdeka dari Hoaks”.

Kegiatan ini dilaksanakan via Zoom, YouTube Live HDSS Sleman FK-KMK UGM, dan Instagram Live milik Pemuda Karang Taruna Padukuhan Sedogan, @sedogan_gallery pada hari Minggu, 22 Agustus 2021 pukul 09:30-11:30 WIB.

Bincang santai ini dimulai dengan quiz mengenai hoaks atau fakta dimana para peserta bisa ikut berpartisipasi Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi berbagi dari para narasumber, yaitu Bapak Zainuddin Muda Z. M., S.I.Kom., M.A., yang merupakan Dosen Ilmu Komunikasi, Fisipol UGM, dan Bapak dr. M. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D, Ketua Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan. Acara dimoderatori oleh Ibu Luthfi Azizatunnisa’, S.Ked., MPH., Dosen Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran Sosial, FK-KMK UGM yang membuat diskusi sangat interaktif dengan menanyakan pertanyaan pemantik kepada para narasumber.

Bincang santai berjalan dengan sangat baik dimana para peserta aktif bertanya kepada narasumber dan banyak berdiskusi seputar berita hoaks. Sebelum acara ditutup, panitia mengadakan kuis mengenai materi yang telah didiskusikan dan para peserta mengatakan bahwa bincang santai ini sangat bermanfaat dan untuk kelanjutannya dapat diikuti oleh lebih banyak peserta. Acara selengkapnya dapat dilihat pada tautan berikut ini:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.