Pengabdian Masyarakat: Senam Kaki untuk Penderita Penyakit Diabetes

Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus diabetes dan luka kaki diabetes di Kecamatan Depok Sleman. Menurut data HDSS Sleman pada tahun 2016 di Kecamatan Depok terdapat penderita PTM sebanyak 3,18%. Tim pengabdian masyarakat mengembangkan dua video animasi sebagai bahan untuk mengajarkan kepada kader. Video yang pertama menjelaskan tentang tanda dan gejala penyakit diabetes, faktor risiko serta komplikasi yang bisa timbul jika tidak ditangani dengan baik, dan tindakan pencegahannya. Selanjutnya video kedua membahas tentang komplikasi diabetes berupa luka kaki diabetes dan pencegahannya.

Mengingat kondisi pandemi COVID-19, kegiatan tatap muka dengan kader dilaksanakan via daring dengan grup Whatsapp, Zoom meeting dan Youtube. Penyuluhan diikuti 10 kader posbindu di wilayah kerja Puskesmas Depok II dan III. Penyuluhan mengenal diabetes diawali dengan pemutaran video “Mengenal Diabetes” dan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Cahya Prihantama, SKM., MPH, dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Setelah sesi berlangsung, tanya jawab masih dilanjutkan melalui grup WhatsApp antara narasumber dengan peserta.

Pada hari berikutnya diadakan penyuluhan sesi kedua. Penyuluhan diawali dengan pemutaran video “Mengenal Luka Kaki Diabetes” yang dikembangkan oleh tim dan dilanjutkan dengan penyuluhan luka kaki diabetes yang disampaikan oleh dr. Hayu Qaimamunazzala, MPH. Penyuluhan tersebut memaparkan mengenai pengertian, tanda dan gejala, cara mengenali penyakit, pengaturan gaya hidup dan tindakan yang disarankan. Serta dilakukan pelatihan untuk melakukan senam kaki diabetes.

Para pembicara menyoroti adanya perubahan gaya hidup pada penderita PTM dapat membantu mencegah komplikasi. Salah satunya dengan senam kaki diabetes yang dilakukan oleh penderita daibetes dapat mencegah luka kaki diabetes. Kader posyandu lansia sangat antusias dan menyambut baik adanya kegiatan ini. Ada beberapa pertanyaan dari peserta yang berhubungan dengan diabetes yakni: diabetes pada anak, olah raga pada penderita diabetes, dan gerakan-gerakan pada senam kaki diabetes.

Kegiatan diakhiri dengan lomba pengembangan video senam kaki diabetes yang diikuti oleh kader kesehatan. Para kader kesehatan diberi waktu 1 minggu untuk membuat video mempraktekkan atau mengajarkan senam kaki diabetes yang dapat dimanfaatkan untuk mengajarkan kepada masyarakat di wilayah masing-masing. Video yang dikirimkan ke panitia dinilai berdasarkan unsur kesesuaian dengan tema, dan kreativitas.

Video “Mengenal Diabetes” dan “Mengenal Luka Kaki Diabetes” dapat ditonton pada tautan berikut:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.